domo

Domo-kun Waving His Hands
Rabu, 28 Juni 2017



1.     Pengertian Pohon Karier
  Pohon karir kelompok peminatan merupakan media bimbingan dan konseling untuk memudahkan konseli dalam memahami prospek karir setiap kelompok peminatan.
  Pohon harapan atau pohon karir merupakan alat untuk menjaring permasalahan/kebutuhan serta informasi yang ada dalam diri pengunjung. Harapan/cita-cita yang dituliskan oleh pengunjung menggambarkan harapan yang ingin diraih oleh masih-masing pengunjung. Peran konseling disini konselor akan bertanya bagaimana cara atau usaha untuk meraih harapan/cita-cita yang telah digantungkan.
2.     Tujuan
Penggunaan media pohon harapan dalam layanan bimbingan kelompok untuk menarik minat siswa agar para siswa diharapkan memiliki gambaran-gambaran harapan untuk masa depannya
3.     Proses Pembuatan
1) Bahan dasar
  Batang tanaman yang sudah dibersihkan daunnya dan yang memiliki banyak cabang.
  Pot atau wadah untuk menanam batang tanaman.
  Karton berwarna hijau dan merah atau warna lainnya.
  Double tape atau alat perekat lainnya.
  Spidol atau bolpoint.
2) Cara pembuatan
  Batang tanaman yang sudah dibersihkan ditanam dalam pot
  Lalu potonglah karton berwarna hijau menyerupai daun dan karton warna merah menyerupai bunga.
  Setiap siswa menuliskan nama dan cita-citanya dikarton yang berbentuk daun lalu menempelkannya di batang yang ditanam.
4.     Manfaat
  Dengan menggunakan media pohon harapan, siswa sudah memiliki gambaran hidup untuk melanjutkan studi, memiliki harapan-harapan untuk masa depan, dan sudah berani mengungkapkan cita-citanya dihadapan guru BK dan semua anggota kelompok.
  Karena para siswa sudah memiliki harapan-harapan untuk masa depan, secara otomatis mereka akan memiliki motivasi belajar untuk lebih rajin dan komitmen untuk mewujudkan cita-citanya.
  Dapat menarik minat peserta didik, mudah dipahami serta dirasakan manfaatnya oleh seluruh siswa dan bisa merubah persepsi siswa terhadap guru BK yang semula guru BK di pandang sebagai guru killer atau polisi sekolah, kini menjadi teman yang menyenangkan bagi siswa untuk mencari segala solusi atas permasalahannya dalam melewati masa perkembangannya sebagai remaja.


                                  


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © MEDIA DALAM BK - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -